Tesis

Perbandingan Quality of Life Anak dengan Penyakit Hati Kronis: Dengan dan Tanpa Transplantasi = Comparative study on the Quality of Life in Children suffering Chronic Liver Disease: With and Without Transplant.

Latar belakang: Pilihan terapi terbaik untuk gagal hati terminal adalah transplantasi hati (TH). Setelah transplantasi seorang anak akan mempunyai hati dengan fungsi normal, namun tidak berarti menjadi anak yang sehat. Pasca TH anak akan berada dalam kondisi kronis dengan morbiditas tersendiri. Tujuan: Mengetahui perbedaan Quality of Life anak dengan penyakit hati kronis (PHK) yang dilakukan TH dengan yang tidak secara kuantitatif. Metode: Penelitian ini merupakan studi potong lintang terhadap anak pasca TH minimal selama 1 tahun dan anak PHK yang merupakan kandidat TH berusia 2-18 tahun. Subjek pasca TH diambil secara konsekutif, kelompok PHK minimal berjumlah setara dengan dengan kelompok pasca TH. Kedua kelompok dilakukan penilaian Quality of Life (QoL) menggunakan kuesioner PedsQLTM4.0 dalam Bahasa Indonesia yang telah divalidasi. Rerata nilai PedsQLTM4.0 pada anak sehat adalah 82,92+15,55 dan 83,91+12,47 masingmasing untuk proksi orangtua (OT) dan penilaian anak (A). Pada kondisi kronis rerata PedsQLTM,4.0 untuk proksi OT dan A masing-masing adalah 73,14+16,46 dan 74,16+15,38. Nilai yang lebih tinggi menunjukkan QoL yang lebih baik. Nilai

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2023
Pengarang

Ezy Barnita - Nama Orang
Hartono Sunardi - Nama Orang
Irene Yuniar - Nama Orang
Hanifah Oswari - Nama Orang

No. Panggil
T23061fk
Penerbit
Jakarta : Sp-2 Ilmu Kesehatan Anak.,
Deskripsi Fisik
xix, 83 hlm. ; 21 x 30 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
Tanpa Hardcopy
T23061fkT23061fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Perbandingan Quality of Life Anak dengan Penyakit Hati Kronis: Dengan dan Tanpa Transplantasi = Comparative study on the Quality of Life in Children suffering Chronic Liver Disease: With and Without Transplant.

Related Collection